Rabu, 14 Januari 2009

Gedung Pusat UGM "RIP" 1990-2008

Komunitas skateboard gedung pusat ugm, mungkin sudah tidak bisa berbuat banyak lagi....setelah mencoba bertemu rektor dan mengajukan proposal lagi ke pihak gedung pusat dan loby ke berbagai pihak serta meminta dukungan dari para skateboaders yg kuliah di ugm sendiri pun tidak merubah keputusan rektorat yang tidak memperbolehkan lagi skateboard berada di area gedung pusat ugm. Sebernarnya tidak ada alasan yang jelas dari pihak rektorat kenapa skateboards tidak boleh lagi berada di lingkungan gedungpusat, bahkan para mahasiswa ugm sendiripun tidak boleh bermain di lingkungan gedungpusat!!
Sekali lagi skateboard harus tersingkir dari alasan yang tidak jelas...kita hanya ingin skate!! piss out

11 komentar:

  1. hadhoooooohh..
    hilang deh tempat maen...
    trus sekarang maen dimana ya???

    BalasHapus
  2. GEDUNG PUSAT SKATEBOARD..........my first ever ground base to learn the magnificent SKATEBOARD....
    by Ipung Hadi Purdjono

    Part one(early 1999)
    saya mengenal skateboard tahun 1997 di sebuah kota kecil bernama Magelang pas liat acara MTV Sport, waktu itu yang diwawancarai adalah MArk Gonzales.....tpi perjalanan pencarian tentang arti Skateboard sesungguhnya berujung di sebuah tempat dengan kualitas aspal yang sangat bagus bernama GP(Gedung Pusat)UGM. Ditempat ini memory akan perjalanan skateboard saya tak akan terlupakan......dulu sebelum bergabung dengan the colorful member of GP skateboarding, saya sudah sering mengamati aktivitas skateboard disana dari jauh, maklum masih cupu dan masih malu2......saya sering bela2in demi belajar cara meluncur diatas papan skateboard, saya sering berangkat di pagi hari setelah sholat subuh(sekitar jam 5 seperempat pagi) saya langsung meluncur membawa papan tercinta saya(waktu itu setting papan saya: HOBBIES deck 8inch wide, Independent truck, Speed wheels and abec 3 bearings) dengan saya taruh diatas motor saya........saya bergegas menembus pagi hari nan dingin dari kos2an saya di km 9 jalan kaliurang langsung ke TKP di GP. Jadi tidak heran, dikala saya meluncur diatas papan bolak balik kaya macan ompong, hanya dilihat oleh bapak2 dan ibu2 yang sedang asyik2nya jogging(what a weird situation dude:)....). Tapi itulah bukti kecintaan saya terhadap skateboarding....pengalaman ini berlangsung hampir setiap pagi di awal2 tahun 1999. Barulah pada suatu sore saya memberanikan diri datang di GP skateboarding....waktu itu demi mendapatkan soul sk8, style saya udah berusaha semaksimal mungkin......hood jacket, celana gombrong, dan tak lupa seperangkat alat skateboarding yaitu papan sk8 sebagai kelengkapannya....hahhahaa......di sore itu, orang pertama yang saya liat adalah.....memperkenalkan diri bernama ABAH....bagi saya......kesan pertama....wah orang ini pasti jago banget.....(setelah saya melihat permainannya emang cukup lumayan waktu itu, yang jelas...ollie nya tinggi lah), kemudian datang segerombol unique person dengan tampilan yang jauh dari kesan skateboarder....DONNIE gendut dengan tampilan rambut ala KIEN LIEU...ekor kuda nan gondrong, TITOY skater berkacamata dengan baju kayak napi(garis2) pake vespa antique, kemudiang datang lagi legend nya GP: mr.Iqbal Hip-Hop himself, kemudian tak lama berselang datang lagi salah satu the longest 50-50 grinders...mr.Mozes.......sore itu,saya pulang dengan kesan yang begitu mendalam......satu karena saya terkesima dengan orang2 itu, yang kedua.........malu karena sore itu hanya saya habiskan dengan hanya meluncur tak tentu arah tanpa ada satupun trik ollie yang bisa saya lakukan(blom bisa..........ahhahahaahaa)

    to be continued

    BalasHapus
  3. GEDUNG PUSAT SKATEBOARD..........my first ever ground base to learn the magnificent SKATEBOARD....
    by Ipung Hadi Purdjono

    Part two(march 2000), from nobody to somebody.

    Setelah perjumpaan yang berkesan di sore nan indah ditahun 1999 dengan komunitas yang sangat berwarna dari GP skateboarders.....saya kemudian tidak pernah lagi menginjakan dan meluncur di GP,tahun 1999 saya disibukan dengan berbagai macam aktivitas kampus di kuliah arsitektur saya yang sangat menyita energi dan pikiran.....wuhhhh....absorb my mind and my energy.....kemudian waktu bergulir...dan memasuki bulan maret tahun 2000, pada hari minggu pagi saya pergi ke UGM untuk keperluan survey buat mata kuliah Perencanaan KOTA, salah satu bahan tugasnya adalah pendataan lingkungan kampus UGM, secara tak sengaja ketika saya mencari jalan alternatif untuk pulang setelah survey, saya lewat di jalan seputaran GP, kemudian di situ saya melihat 2 orang sedang duduk diatas papan sk8...saya ingat salah satu diantara mereka....ternyata orang itu adalah TITOY,saya kemudian berhenti dan mengobrol dengannya....ya akhirnya saya nongkrong disitu hanya berbual2 seputaran sk8, satu lagi anak yang sedang santai tersebut adalah PRAS.....(pras ini sebenernya sangat berbakat...cuman entah kenapa aktivitas sk8-nya tidak berapa lama beberapa tahun kedepan sudah tidak dilanjutkan lagi.....yang saya ingat....dia begitu hapal dengan trik hardflip dan pop shove it).....kita pun duduk santai bertiga dan saya tidak membawa papan sk8. Si Titoy-lah yang kemudian mengajak saya untuk minggu depannya untuk total bermain di GP, ajakan ini seakan semakin menyemangati saya untuk bermain full di GP skateboarding society...hahahahhaa...........setelah kita berbincang2 sebentar....tak berapa lama, 1jam kemudian......the entire GP crew pada datang semua........ada GALIH, ada the brothers of LOUVI a.k.a Luffi Setiarosa dan kakaknya Pungky, ada Donnie gendut lagi...hahhahhaa.....ada Iqbal hip-hop, ada Aldy(the most handsome skateboarders at that day....hahhahahaa), ada Rizal....ada Nunu....ada Mozes....ada Billy(nowadays he become DJ Billy...hahhahha)ada skater bekasi waktu itu....HENDRY....ada Abah....pokoknya komplit lah......

    to be continued

    BalasHapus
  4. GEDUNG PUSAT SKATEBOARD..........my first ever ground base to learn the magnificent SKATEBOARD....
    by Ipung Hadi Purdjono

    part three(mid 2000-late 2000), The fully time of becoming GP crew.

    hari minggu satu minggu kemudian, saya benar2 menepati janji saya untuk bermain full di GP SK8....pagi hari di hari minggu itu....ada aura yang berbeda dengan hari2 minggu yang lainya....saya begitu bersemangat mempersiapkan hari itu untuk bermain secara full di GP,saya begitu exciting....hahhaahhaa....begitu saya sampai disana......saya mengeluarkan papan(masih inget waktu itu jam 8 pagi....)...saya liat kanan kiri hanya banyak orang berlari2 di GP, kemudian saya baru nyadar .....ternyata sudah ada 2 orang bermain sk8 disitu.....tpi saya belum mengenalnya......kemudian saya hampiri.....saya berkenalan....dia mengenalkan diri sebagai ALDRIN........hahhahaha........ALDRIN the nine lives.....dan satu lagi menghampiri saya, dan memperkenalkan diri sebagai.......BIAN.....saya kemudian kaget.....ternyata mereka kakak angkatan saya di jurusan arsitektur Universitas Islam Indonesia......hahahaahaha........nice...ternyata ada kaum sebangsa dan setanah air....hahahaha, tpi dikala saya mencoba ngobrol dengan tema seputaran kuliahan di kampus....saya tiba2 dibentak oleh BIAN, dia bilang.....eh loe, klo main ke GP, gak usah bawa2 cerita kampus...kita disini.........cuman maen sk8...that's it!!!!........wah.....gila ini orang, sinting....ahahahaa...........akhirnya saya bermain dengan ketiga orang itu dipagi nan cerah....

    setelah itu, selang 1jam kemudian....banyak yang bermunculan.....ada beberapa nama baru yang kemudian saya kenalan....satu lagi unique person appear in.....dia adalah OPANG....fotographer berbakat yang juga maen skate dari ISI Jogja...hahahha.........tambah unik aja ini anak2 sk8....maklum....beragam background pada ngumpul demi satu misi.....BERMAIN SKATEBOARD....kemudian ada NOVA......waktu itu pertama saya liat nova...sangar bener ini anak....full tattooo boys.....so you guys...yang sok2 ngaku suka tato.....masih kalah ama ini anak.....dikala tato belum menjamur bak kacang goreng kayak sekarang ini.....nova tahun 2000 udah membuktikan kecintaannya pada tattoo.....dan dia waktu itu juga baru saja cedera fracture bone yang parah di tangan kanannya kalo gak salah ingat.........

    kemudian muncul juga salah satu the future LEGEND of GP.......Adimas JERRY.....aka JERTOL aka......JERRY..............hahahhahaha....tak meyangka....saya kemudian banyak mendapatkan pengalaman2 suka dan duka bersama orang ini, sampai hari ini(he's one of my best friend in skate ever).......what a cool and superb and also controversy guys......peace and cool jer....hahhaaha.....back to the topic.....
    pertama saya liat jerry ini......kesannya adalah....orangnya kurus....tinggi dan hitam.....
    memakai papan slick SANTA CRUZ.....dan pake sepatu airwalk dengan sole putih....terus memakai kendaraan FIAT SPORT tahun 1969-an kalo gak salah......american muscle banget lah.....keren pokoknya.........dalam hati saya........tambah unik aja ini GP sk8.....
    yang saya begitu kaget......karena jerry ini punya heritage dan keterkaitan dengan magelang...kota kelahiran saya.....ya karena ibunya juga orang magelang.......wah satu daerah ternyata..........kerennnnnnnnnn...........

    kemudian datang juga......DENFARINO ENDO TERSIANO.....alias....ENDO.......salah satu punggawa sk8 GP yang ternyata adalah satu ras dengan saya.....(anak Arsitek)...hahahhahaa.....dia menjadi sangat spesial bagi kami karena, banyak dan sangat banyak menolong eksistensi anak2 GP untuk tetap bertahan bermain di GP dari serangan serigala2 gila alias SATPAM UGM.......dengan cara melakukan loby-loby dan diplomasi tinggi dengan jajaran elite UGM....hahhahahhahahhahaha...kesan bermain endo waktu itu.........dia lagi rajin2 nya mengasah trik ollie dan pop shove it..wow

    setelah itu muncul juga one of the most talented sk8ers.........bernama IQBAL HC(HARD CORE).....badannya dihiasi dengan bermacam2 tattoo......seperti nova......yang saya ingat...salah satu tattoo iqbal adalah logo SPITFIRE.....keren .......satu kesan saya ke iqbal adalah........orangnya tak banyak omong....cenderung pendiam.....kulitnya hitam..berkacamata...........tpi klo main sk8...bisa gila2an semangatnya......we salute you iqbal........

    hari itu...nama2 seperti mozes, galih, iqbal hip-hop, donnie, nunu, rizal, louvi brothers, abah,titoy, pras,and many more....juga pada datang.......

    oh iya........kelupaan..........hari itu agak siangan........datang juga.........one of the best and talented and superb jogja's skateboarder......(calon amatir waktu itu)
    DENNY................saya liat pertama....denny ini cenderung njawani...........apa adanya...suka merendah dan ngelucu........tpi ternyata level mainya dia udah tinggi.....kakinya udah sedemikian luwes memainkan papan sk8 dengan beragam trik.....

    hari itu saya habiskan dengan hanya belajar trik saya ulang2 dan gak bisa2.........OLLIE........salah satu trik dasar di dunia sk8....

    tpi hari itu saya puas banget....karena saya udah bisa bersosialisasi dengan anak2 GP crew...

    to be continued

    BalasHapus
  5. biar kata aku g tau sejarahnya...sangat menyenangkan bisa maen sama anak2 GP waktu itu, meski cuman beberapa kali,...
    keep skateboarding!!!

    BalasHapus
  6. hei, ipung siapa ya? btw thanks for the good time memory of GP skateboarders.

    aldy.

    BalasHapus
  7. eh sorry bos, i remember now, the man with the vespa, right, u wear glasses isnt it? btw ada fb gak? kalo ada add gwe yak...thx bro

    BalasHapus
  8. log latihan t hari apa ja n pukul rapa.ni nag Klaten mau gabung leh gag?

    BalasHapus
  9. duuuuhhh trus dimana lagi spotnya om...abhe ride 4 funnya blitar. perantauan nih om...walo gak begitu tau ceritanya tapi ya cukup buat abhe kecewa, walo juga gak penah maen sana...tapi kmn nih kalo abhe mo cr spot2 nya lagi di jogja...lha om2 riders jogja mo bantuin kan kasi tau inpormasi spot2nya...jadi gak seru kalo jauh2 cuma buat gawe...tulung yo rek......eh ooom.....ato kalo misal besedia ato pas lagi nongkrong2 di spot ato dmn gt,hub abhe 085646673740...ok om....

    BalasHapus
  10. kapan2 reuni .....ok juga

    BalasHapus